Thursday, August 21, 2014

Ssstt... Kita Nggak "Sendirian"






Gue paling takut sama nenek-nenek, apalagi liat nenek-nenek rambutnya putih dan panjang sampe 2 kilometer. Bukan tanpa sebab gue takut sama nenek-nenek, waktu kecil gue suka sakit-sakitan, mulai dari sakit panas, bisul, sakit kegantengan sampe sakit kebanyakan duit.

Nah, pas lagi sakit itu gue sering banget ngimpi buruk, paling sering ngimpi dikejar-kejar sama setan nenek-nenek. Entah gue salah apa sama nenek-nenek sampai dia dateng ke mimpi gue terus, apa mungkin muka gue udah termasuk kriteria muka yang jadi idola nenek-nenek di Indonesia atau gue belum bayar utang sama dia. Pokoknya mulai dari situ gue sampe sekarang takut sama nenek-nenek.

Pernah waktu itu gue bangun subuh-subuh, pas lagi mau lari pagi, gue kaget setengah mati gara-gara liat nenek-nenek lagi duduk sambil nyisir rambutnya di teras rumah samping rumah gue. Nggak taunya itu emang nenek yang gue lagi nyisir. Kebetulan rumah gue sama rumah nenek gue emang tetanggaan.

Ngomongin soal setan, gue jadi inget, belum lama ini gue (akhirnya) ngeliat setan (lagi), setelah sekian lama nggak pernah ketemu sama makhluk ‘lucu’ itu. Ini cerita nyata.

***

“Kita maen di Bekasi mananya sih?!” tanya Alvin vokalis band gue.

“Tau dah, katanya sih nanti dijemput sama panitia pas keluar tol” jawab gue yang lagi sibuk twitteran. “Rada aneh nih lokasinya, gue cek di google map kaga ketemu.”

“Yee biji karet! Lo liatnya peta daerah Karawang gitu, gimana mau ketemu! Kita maen di Bekasi, aah payah sempak The Rock!”

Beberapa bulan lalu band gue diundang sama panitia acara komunitas di daerah timur Bekasi, daerahnya antah berantah soalnya orang Bekasi aja nggak tau itu lokasi tepatnya di mana. Gue yakin itu daerahnya udah bukan di kawasan Indonesia lagi.

Sesampainya di pintu keluar tol Bekasi timur, rombongan band gue dijemput sama panitia acaranya. Jalan ke tempat acaranya emang beneran antah berantah. Keluar masuk jalan raya, belum lagi masuk ke gang-gang sampai numpang lewat jalanan komplek, masih belum juga sampe. Rasanya kalo gue punya gebetan cewek cakep, tajir dan soleha tapi tinggal di daerah sini, gue ogah buat jadiin dia pacar.

***

“Wih, yakin nih kita maen disini?” Ujar gue yang sedikit shock ngeliat lokasi venue-nya.

Gimana gue nggak shock, venue-nya itu berada di pinggir rawa-rawa, belum lagi stage-nya lebih mirip panggung dangdut buat acara sunatan. Di belakang stage pas banget rawa-rawa yang dikelilingi pohon pisang. Absurd.

Mobil rombongan band gue di parkir tepat di samping rumah kosong. Rumahnya serem, nggak ada pintunya, cat temboknya udah kucel, kalo jadi lokasi uji nyali kayaknya pas banget disini. Paling kalo kesurupan, setannya nggak bakal jauh-jauh dari siluman monyet, harimau atau ular kobra.

“Kenapa mas menyerah dan nangis? Mas liat penampakan makhluk astral?” Tanya host yang entah – kenapa – selalu – botak – rambutnya -  kayak lampu bohlam.

“Sa.. saya liat itu mas..” Ujar peserta sambil nangis.

“Liat apa mas? Pocong? Kuntilanak? Apa Tuyul ngangkang?”

“Saya liat sosok mantan lagi bahagia sama pacar barunya.” Lalu hening.

Kelar mobil di parkir, si Alvin langsung keluar dari mobil, terus jalan ke arah pinggir rawa.

“Wiih.. Telaga angker nih…” Cetus Alvin, dia pun lanjut nyanyi, “Malaaam iniiiii…. Suuunyiii seepiiiii…. Kaau terlenaaa… Dalaaam mimpiii…” - Lagu Vina Panduwinata yang dinyanyiin Suzzana – waktu – jadi – sundel – bolong di film “Malam Satu Suro”.

“Eh combro! Ngehe lo pake nyanyi lagu begituan, lo nggak ngerasa apa ini tempat horror banget!” Ketus gue sambil mukul kepalanya Alvin. Dia cuma nyengir kayak kuda delman.

Alvin itu otaknya emang rada kurang, waktu itu dia pernah di tes adu pinter sama kadal, dan hasilnya dia kalah pinter. Kayaknya emang ukuran otak dia cuma segede upil monyet.

Seperti biasa, pas band gue manggung pasti ada aja yang moshing. Ciri-ciri bocah moshing itu, pertama sering dateng ke acara gigs band indie underground, kedua pakai baju ala-ala anak hardcore, ketiga badannya pasti bau pinggiran kali Ciliwung, keempat yang sampai sekarang gue bingung, mereka itu moshing-in band genre apa aja dengan gaya olahraga capoeira. Nggak peduli itu band hardcore, punk, sampai Zaskia Gotik featuring Juwita Bahar juga kayaknya bakal di moshing-in.

***

Perjalanan pulang firasat gue udah nggak enak, gue emang kadang suka peka sama hal-hal mistis, mungkin keturunan dari nenek gue yang emang punya indra ke 6 juta milyar triliyun. Walaupun gue peka sama hal mistis tapi kalo di kodein sama cewek entah kenapa gue suka nggak peka.

“Ini kayaknya kita udah lewatin jalan ini deh” Kata Sugab, gitaris band gue sambil celingukan ngeliatin jalanan.

“Kayaknya kita nyasar deh” Timpal si bewok, temen gue yang punya mobil sambil nyetir.

Di saat mereka berdebat gue cuma diem aja, gue ngerasa emang ada yang nggak beres. Udah tiga kali gue sama anak-anak band gue ngelewatin jalan yang sama. Sampai akhirnya mobil kita nyasar masuk ke komplek yang masih kosong, belum banyak yang tempatin, cuma ada beberapa rumah aja yang terlihat ada kehidupan.

Kompleknya horror, macem komplek abis kena perang di jalur Gaza. Banyak alang-alang di pinggir jalannya, bangunan rumahnya udah banyak yang di lumutin. Gue sama anak-anak udah muterin komplek sebanyak empat kali dan belum juga ketemu jalan keluar komplek.

Waktu udah menunjukan jam 11.30 malem, perasaan gue makin nggak enak, suasana hening, nggak ada yang ngomong satu pun. Perasaan gue udah makin nggak beres, gue ngerasa di bangku belakang ada yang duduk. Di mobil gue cuma ada empat orang selain gue, waktu itu emang gue sama band gue bawa dua mobil, dan dua-duanya nyasar.

“Kayaknya kita dibawa setan keder dah ini” Cetus si Jamet yang duduk di samping gue.

Sewaktu di puteran ketiga bulu kuduk gue makin merinding, gue beraniin mata gue buat melirik jok belakang mobil, gue gerakin leher gue perlahan, saat gue udah nengok dan JLEB! Gue terpaku.

Ada cewek, rambutnya panjang nggak beraturan, pake gaun putih yang udah kotor dan senyum ke arah gue. Senyumnya getir, mukanya pucet, dan gue pun terpaku, mulut gue kekunci, sampai akhirnya gue pandang-pandangan sama itu setan. Sepersekian detik gue tatap-tatapan, tiba-tiba ada suara yang keluar dari mulut itu kuntilanak.

“Setan, setan apa yang suka check in di hotel?” Tanya itu cewek dengan suara paraunya, macem suara Limbad lagi keselek biji kedondong.

“Apaan? Emm... Gue nggak tau” Jawab gue dengan suara yang ikutan serak.

“Setante girang lagi main sama brondongnya.. HI..HI..HI” Jawab itu setan. “Satu lagi nih jawab, siapa nama mantan ketua partai yang suka makan beras?”

“Ng… nggak tau…” Jawab gue pelan.

“Payah ah, namanya Amien Rice… HI.. HI.. HI”

Gue melongo, bangsat ini setan malah ngajak main tebak-tebakan saat gue lagi parno begini. Sesampainya di sebuah belokan yang di sampingnya banyak tumbuh alang-alang atau tepatnya di saat mobil udah empat kali muterin itu komplek, tiba-tiba mobil ngerem sendiri.

Sesaat gue sadar dan ternyata itu kuntilanak udah nggak ada di jok belakang, mungkin tadi mobil berhenti pas banget dia cabut.

“Ngehe! Kita muter-muter buat nganterin dia pulang doang!” Ujar gue pelan.

“Nganterin siapa?” Tanya Jamet kepo, dan anak-anak di mobil pada ngeliatin gue semua.

“Tadi ada kuntilanak di jok belakang, kayaknya kita di bawa nyasar sama dia, sekalian anter dia pulang.”

“Anjir! Pantes mobil berasa berat banget. Yaudah, banyak baca-baca dah ya biar kita bisa pulang, udah malem juga nih cuy!” Ujar Bewok yang udah tambah parno.

Akhirnya, anak-anak pada baca doa, ada yang baca al-fatihah, ada yang baca ayat kursi, dan gue baca doa sebelum tidur.

Setelah muter-muter bertualang di daerah yang antah berantah, akhirnya rombongan mobil band gue ketemu juga sama pintu masuk tol, setelah masuk tol, mobil langsung tancap gas full. Ngebut.

Sesampainya di distro Crooz, tempat basecamp band gue, kita semua pada diem dan badan gue udah lemes abis. Biasanya gue emang kalo abis liat setan suka lemes banget. Anak-anak pada diem semua, nggak ada obrolan berarti selain pada bingung tadi kenapa bisa nyasar.

Gue diem doang dan kesel sama Alvin, gue yakin gara-gara dia mulutnya yang tadi ngomong sembarangan, hasilnya gue sama anak-anak jadi dibawa nyasar sama kuntilanak.

22 comments:

  1. wahwahawh, gue baru berkunjung ke blog ini. ktirik sedikit boleh ya bang (bener kan usianya udah 24 tahun?) tulisan nya sulit dimengerti soalnya dalam segi bahasanya terlalu berat dan ritme nya gak beraturan. itu aja sih.

    dan kalo disegi positifnya, ide ceritanta keren. dan jarang sekali orang-orang mau mengangkat hal-hal berbau mistis ke blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini gue suka, gue butuh kritikan. Makasih buat kritikannya, semoga bisa lebih baik.

      Masalah umur? Kalo liat ktp sih baru 18 tahun umur gue haha.

      Makasih udah mampir, sering-sering mampir ya :))

      Delete
  2. Replies
    1. Iya, cerita aslinya sih serem. Masalahnya gue juga merinding kalo ceritain versi aslinya.

      Delete
  3. "makhluk lucu" -_-

    Woh, ini kisah nyata bro? ngeri juga :|

    Salam,
    Ijal Fauzi

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Ah kisanak kan penakluk gunung-gunung di pulau jawa. Jin gunung aja takut sama kisanak.

      Delete
  5. "Saya liat sosok mantan lagi bahagia sama pacar barunya" Sundel bolong, gw udah baca seirus2...

    ReplyDelete
  6. Ih ngeri. Alhamdulillah gue belum pernah dilihatin. Dilihatin setan maksudnya, haha..

    ReplyDelete
  7. anjir. itu setan apa lupus ya? suka tebak-tebakan gitu. hahaha. kocak. tapi serem juga sih.
    sampe sekarang belum pernah liat setan gua.
    paling kalau liat bon makanan doang, gua bilang " SETANNN"

    ReplyDelete
  8. Nenek-nenek? Keingat pengalaman malam-malam kelihat sesuatu dan............ Eng ing eng.

    ReplyDelete
  9. Dari segi penceritaan lo udah bagus, komedinya juga dapet. Tapi tadi di awal-awal pas yang lo ngeliat nenek lo itu rada kurang ngepas bahasanya, "Nggak taunya itu emang nenek yang gue lagi nyisir." Nah disitu kayaknya ngeditnya kurang teliti deh..... Btw, pas baca ini nenek gue datang ke sini lo... Sadis, nawarin wafer rasa stroberi ke gue.. bener-bener horror!!

    ReplyDelete
  10. Kunjungin blog aku juga dong kakak, hehe.. ini link blognya: http://fadillahabdi.blogspot.com/ Thanks ya~~~

    ReplyDelete
  11. ah bodo amat, walaupun gue sendirian terus dilihatin sama mahluk astral tapi gue kan gak bisa liat, jadi enjoy aja.
    mohon partisipasinya ya...
    obat gudik

    ReplyDelete
  12. Artikelnya sangat bermanfaat gan..
    trimakasih.. sukses selalu...

    ReplyDelete
  13. Wahahahaha,, demen ni gw baca baca blog begini,, ga jelas,, btw,, lu beneran ketemu tu kunti apa kaga? Wkwkwkw apa jangan2 lu dapet sesuatu karena menang kuis lawan si kunti? Wakakakaka

    ReplyDelete
  14. Aku nie penakut Ih ngeriii.... Alhamdulillah sieh aku belum pernah ngeliat hal hal yg mistis kaya gituan.

    ReplyDelete
  15. Ijin Share & Promot Min :

    [WORO-WORO] ~ ( >>> PokerGT.com <<< ) Adalah Master Agen Gaple Online Terbesar, Terpercaya Dan Terbaik Di Indonesia
    Dengan Pengalaman Di Dunia Gaple Lebih Dari 5 Tahun Serta Telah Melayani Ratusan Bahkan Ribuan Pelanggan Setia Yang Tersebar Di Seluruh Indonesia.
    Pelayanan Cepat Dan Online 24 Jam Nonstop, Proses Depo Dan WD Paling Aman Dan Sangat Cepat.
    Ayo Tunggu Apa Lagi Segera Gabung Bersama Dan Menjadi Salah Satu Bagian Dari Kami Di ( >>> PokerGT.com <<< )
    Dengan Minimal Deposit Rp.10.000 Anda Sudah Bisa Bertaruh Dalam Meja Dan Memungkinkan Anda Mengumpulkan Poin Untuk Mendapatkan Hadiah Special Yang Sudah Kami Sediakan Untuk Anda.
    ( >>> PokerGT.com <<< ).

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...