Tuesday, October 16, 2012

Derita Jadi Mahasiswa



“Asik lulus sekolah, saatnya sekarang jadi mahasiswa.. yeaayyy!!!”

Mungkin kalo lo baru lulus SMA, lo pasti mau banget segera masuk kuliah dapet julukan mahasiswa atau mahasiswi. Yah, di lingkungan pergaulan jadi mahasiswa membuat derajat diri sedikit naik dan di lingkungan keluarga besar juga pasti kalo dapet julukan mahasiswa bisa bikin bangga. Rasanya pas gue masih SMA jadi mahasiswa ini enak banget, rambut bebas mau gondrong apa cepak gak ada yang ngomelin kaya di sekolah, belajar di kelas pake baju bebas gak harus pake seragam sekolah, di pandang jadi pria yang dewasa gak di bilang anak kecil lagi kaya pas masih SMA, dan yang pasti cewek – cewek di kampus itu cakep – cakep menurut cerita yang gue tonton di FTV.

Menurut survey yang gue lakukan, FTV itu penipu karena cerita yang gue tonton di FTV tentang suasana kuliah berbanding jauh banget sama fakta di lapangan. Emang masalah kongkow atau nongkrong – nongkrong menjadi kehidupan rutin, tapi yang paling eneg di kuliah adalah dapet tugas kuliah yang menumpuk dari dosen yang gak berkeprikemanusiaan. Bayangin aja kalo satu hari ada 5 mata kuliah dan dari semua mata kuliah dosen memberikan tugas dan harus selesai di waktu yang bersamaan itu bikin bête, itu baru satu hari sob kalo setiap hari keadaannya sama berarti tugas kuliah menumpuk dan gue harus selesain tugas itu semua supaya gak di omelin dosen dan dapet nilai jelek. Jadi, dimana letak kebahagiaan jadi mahasiswa itu?? Hufttt banget deh jadinya.


Pas, dapet tugas kelompok rasanya asik banget yah ngerjainnya bareng – bareng jadi sedikit meringankan tugas. Tapi, dalam kenyataannya tugas kelompok bukan sekelompok yang ngerjainnya tapi gue sendiri yang ngerjain daripada gue ga dapet nilai dari dosen , mending gue ngerjain sendiri dan itu bikin bête banget.


Ngomong – ngomong soal dosen, terkadang tugas kuliah menjadi sedikit woles kalo dosen kita juga woles dan kalo dapet dosen woles yang pengertian dan bersahabat itu rasanya nikmat banget kuliah. Selain dosen woles, paling enak di ajar sama dosen cewek yang masih muda dan biasanya pakaiannya itu sexy banget, otomatis 2 jam kuliah rasanya kurang. Bukan karena mata kuliahnya tapi karena pemandangan di kelasnya yang bikin betah duduk lama-lama sampe kadang celana jadi sempit sob. Nah loh!!!

Oke, sekarang balik lagi dengan derita jadi mahasiswa, derita jadi mahasiswa belum berakhir sob. Di semester akhir lo bakal  ketemu sama yang namanya skripsi, sebuah tugas akhir yang secara mau gak mau harus di kerjain dan itu sangat menguras waktu dan pikiran banget sob. Terkadang skripsi juga menjadi tolak ukur gengsi di kalangan teman seangkatan, kalo lo bisa kerjain sesuai waktunya itu pasti bikin harga diri lo naek di tongkrongan tapi kalo lo udah lewat semester 9 dan belum ngerjain skripsi juga otomotis gelar mahasiswa abadi bakal nyangkut di diri lo dan itu bikin ENEEEGGG BANGEEETT!!!

Jadi, biar lo nyaman di kampus dan gak dapet gelar jadi mahasiswa abadi nih gue kasih tips – tipsnya dari gue yang sampe sekarang masih bergelar “Calon Sarjana” :

1.    Targetin kapan lulus
Lo harus targetin berapa tahun lo kuliah dan kapan lo lulus, kalo orang tua sekali ngiler dapet duit sih woles aja lama – lama di kampus juga woles gak mikirin berapa besar lo harus bayar uang kuliah. Tapi, kalo lo termasuk golongan menengah kebawah berati lo harus secepatnya lulus biar gak jadi beban orang tua lo sob.
2.    Jadikan dosen menjadi teman
Ini trik biar lo dapet nilai bagus sob, lo harus deketin dosen lo dan akrab sama dia biar dia kenal sama lo dan segala urusan tentang perkuliahan bisa di atur secara lebih kekeluargaan. Jadi lebih mempermudah lo buat dapet nilai bagus.
3.    Jangan menumpuk – tumpuk tugas
Kalo dapet tugas dari dosen jangan di tunda – tunda ngerjainnya, kalo kata Calon Presiden di pemilu dulu “Lebih cepat lebih baik”, Jadi kerjakan secepatnya sob.
4.    Semangat
“Semangat”, Cuma ini kata-kata yang harus lo terapin dalam menghadapi tugas kuliah. Lo harus semangat dan jangan banyak ngeluh, kalo serius pasti bisa kok ngejalaninnya.

 

Yang pasti, kuliah itu gak senikmat yang biasa lo tonton di FTV. Kuliah itu butuh pengorbanan dan perjuangan banget, jadi tetap semangat yah berooo!!!


1 comment:

  1. hahahha.. iya betul bgt, gw ngerasain bgt kaya begitu nasib nya..
    siip okeoke (y)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...