Thursday, May 16, 2013

Twitwar Dan Popularitas



Twitter adalah salah satu media sosial yang sedang ramai di mainkan oleh hampir 75% penduduk dunia  yang kenal internet dan sisa 60% lagi yang gak punya twitter berarti gak kenal internet, nah gue jadi bingung sejak kapan sisa dari 75% itu adalah 60%? #Abaikan.

Buat yang suka main twitter pasti gak asing lagi yang namanya “SELEBTWIT”, yaitu akun-akun twitter yang mempunyai followers jutaan bahkan lebih dan mereka biasanya datang dari orang yang gak di kenal masyarakat  dan bukan selebritis di Tv, sampai akhirnya booming seperti @poconggg @shitlicious dll. Banyak yang bilang juga kalo gue selebtwit, mentang-mentang gue blogger dan punya tema twitter #GombalanMaut sama #PuisiMaut, padahal followers gue aja cuma seribuan dan gue juga bukan selebtwit cuma tukang gombal dan sedikit menyesatkan wanita galau di twitter.


Nah di dalam twitter ada salah satu fenomena sosial dunia maya yang terkadang terlalu absurd buat di bahas yaitu “TWITWAR alias “Berantem Di Twitter” dan biasanya di lakuin sama selebtwit dengan selebtwit lain yang sama-sama punya followers jutaan atau selebtwit dengan orang yang bukan selebtwit yang sebenernya gak penting buat di twitwar-in. Kalo yang gue pahamin sih itu seperti propaganda yang di lakuin di twitter biar saling bertukar followers secara gak langsung atau mau numpang eksis biar followers selebwit yang di serang mau follow twitter dia. ABSURD!

Entah kenapa akhir-akhir ini orang banyak banget yang berlomba-lomba pengen punya followers banyak padahal followers kan gak di tanyain sama malaikat pas udah di kuburan, apa mungkin malaikat bilang gini? :

Malaikat : Siapa Tuhanmu?
Manusia : Twitter kat..
Malaikat : Loh, kok gitu sih?
Manusia : Iya, soalnya pas di jaman saya hidup banyak yang berdoa di twitter..
Malaikat : Berapa banyak followers kamu?
Manusia : Jutaan kat..
Malaikat : Oke kalo gitu, kamu saya catet buat masuk jadi ahli surga.. Byee..

Kalo emang punya followers banyak bisa masuk surga, gue juga bakal mati-matian nyari followers twitter yang banyak, tapi kan kenyataannya enggak begitu.

FOKUS..!! FOKUS..!! Kembali ngebahas “TWITWAR”..!!

Jadi pada dasarnya twitwar itu tweet yang saling negbully atau saling manjatuhkan akun twitter satu dengan lainnya  dengan cara memention akun tersebut atau malah “No Mention” sehingga menjadi rame di timeline dan bikin orang kepo.

Seperti misalnya pada tanggal 15 Mei 2013 ada selebtwit seksi yang namanya @Sarah_Ardhelia lagi twitwar sama akun gak jelas yang namanya @JTmor. Disana secara jelas si @JTmor ngebully si sexy bahenol cetar menggairahkan @Sarah_Ardhelia dengan sebutan pelacur timeline karena si Sarah sering posting foto seksinya yang sering keliatan teteknya di twitter.

Gue sebagai pengagum (body aduhai) Sarah menjadi penasaran dan akhirnya memaksa gue buat ngeliat conversation tweet mereka. Dari yang akhirnya gue pahamin kayanya si @JTmor ini sengaja mau twitwar Sarah supaya followers Sarah liat dan dia (@JTmor) di follow banyak orang. Saking keponya gue searching tuh si tukang bully bidadari sexy timeline gue dan akhirnya gue pun tau kalo dia itu orang yang “tergila-gila” mau jadi selebtwit dan menurut gue obsesi atau mungkin cita – cita @JTmor itu terlalu amat absurd.

Sebenernya bukan @Sarah_Ardhelia sama @JTmor aja yang pernah twitwar, tapi di dalam politik juga sering ada twitwar seperti akun @TrioMacan2000 yang sering mengolok-olok politikus lain atau pas jaman kampanye PILKADA DKI antara pendukung Jokowi sama Fauzi Bowo yang saling menjatuhkan lawannya lewat dunia maya dan masih banyak yang lainnya.

Terkadang strategi propaganda twitwar emang berjalan sesuai keinginan yaitu di follow banyak orang dalam waktu singkat tapi terkadang twitwar menjadi boomerang yang akhirnya malah menjatuhkan harga diri salah satu akun tersebut.

Kalo menurut gue sih biar dapet followers banyak gak harus twitwar atau beli-beli followers yang gak jelas, mending beli nasi padang bisa kenyang dari pada beli followers gak jelas. Jadi menurut gue kalo mau di follow banyak orang mending bikin sebuah karya yang akhirnya di apresiasi sama banyak orang misalnya bikin buku, bikin film pendek, bikin twit yang menghibur atau twit yang kritis tapi tetap on the track atau jadi blogger kreatif sekalian asal jangan bikin keributan, kebakaran atau sampe bikin hamil anak orang. Itu sungguh terlalu beresiko dan gak penting banget.

Jadi, marilah kita bertwitter yang wajar aja. Gak usah twitwar atau iri sama rezeki orang lain yang punya banyak followers.

“Hidup terlalu singkat buat sekedar iri sama kesuksesan dan kehebatan orang lain, lebih baik jadikan itu motivasi agar kita bisa sukses seperti mereka.”  – Alym Aditya , Calon Sarjana.

Sekian pembahasan gue yang sedikit absurd dan mungkin sedikit berguna, sampe ketemu di pembahasan lainnya. Salam Super!!!

5 comments:

  1. iya gue juga setuju! ngapain coba ngelakuin hal absurd macem twitwar. haha.. malah kadang ngejatuhin harga diri. aib jadi kebuka2. dan menurut gue sih jadi nyampah temlen. emang sih orang2 jadi kepo, tapi kan ga penting bgt gitu. ckck.
    duuuh jadi curhat :p
    postingannya bagus :))

    ReplyDelete
  2. haha gue tweet war sama temen gue bukan nggejelek2in sih malah semacam tweet nyambung gitu ya semacam canda2an pantun2an gitu, nggak membabibuta nyampah juga dan justru lucu2an haha..

    btw gue baru ngeh sarah itu ya setelah ada war itu wkwkwk

    ReplyDelete
  3. Kayak pak mario :D
    Follow Back Adit @ http://davidraka.blogspot.com/ :)

    ReplyDelete
  4. >> Salah satu follower Sarah_Ardhelia. JTmor sih apalah banget, caper gak jelas gitu. Masih mending dwitasaridwita yang sering copas *eh

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...